IP Bindings RouterBoard MikroTik

 


    IP-Binding adalah menu HotSpot yang memungkinkan untuk setup statis Oneto-One NAT translation, memungkinkan untuk memotong klien HotSpot tertentu tanpa otentikasi apapun, dan juga memungkinkan untuk memblokir host tertentu dan subnet dari jaringan Hotspot.

    Jika kita ingin menggunakan internet untuk browsing dan lain-lain, pastinya kita akan dihadapkan dengan login hotspot pada web browser sebelum kita dapat membuka alamat yang kita tuju. Bypass ini  berfungsi untuk menonaktifkan / meniadakan login hotspot. Sehingga kita bisa mengakses internet tanpa harus login hotspot mikrotik terlebih dahulu. 

    Untuk membuat IP Bindings pastikan hotspot pada RouterBoard sudah dalam keadaan aktif dan dapat tersambung ke internet. Misalkan " Mac Address 1C:C1:DE:91:AA:BE " akan di-bypass, sehingga user yang memiliki mac address tersebut jika ingin terkoneksi ke internet tidak akan melewati proses autentikasi dari hotspot login yang telah kita buat, karena pada default nya setiap Client yang ingin berselacar ke internet melalui Hostpot harus login terlebih dahulu.


    - Klik menu IP > Hotspot > IP Binding > Add 
   
     - Lalu Isi Mac-Address Client ( Yang Ingin di Bypass ) 
    
    - Lalu Pilih Type = Bypassed 

    - Lalu Apply dan OK


Pada opsi Type terdapat bebrapa opsi diantara nya Blocked, Bypassed, dan Regular. Fungsi mereka masing-masing diantara nya adalah = 

    - Blocked = Mac address yang didaftarkan dengan type ini otomatis tidak akan mendapatkan layanan                         hotspot

    - Bypassed = Mac address yang didaftarkan dengan type ini akan dibypass sehingga tidak perlu                                   melewati proses autentikasi

    Regular = Mac address yang didaftarkan dengan type ini akan melewati proses autentikasi seperti                           user biasa, misalkan digunakan hanya untuk mengalokasikan ip address khusus ke host                            tertentu 


Kita juga bisa melakukan IP-Bindings terhadap host yang aktif. Caranya mudah yaitu pilih host yang akan dilakukan IP-bindings, kemudian klik dua kali dan pilih "Make Binding"


Selanjutnya akan muncul Hotspot IP Bindings, pada parameter type pilih bypassed. Lalu Kita hanya perlu men-Setting Client tersebut di menu IP Binding dan Memilih Type untuk Client tersebut. Klik Apply dan OK. 

Jika sudah melewati Step ini maka Client tesebut tidak perlu Login lagi karna Client tersebut telah kita setting IP Binding.

Comments

Popular posts from this blog

Basic Pengertian EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol)

blokir situs dengan Transparent DNS

SVI (Switch Virtual Interface) Cisco