Membuat Web Proxy Di Mikrotik

 

     
    Assalamualaikum, di blog ini kita akan mencoba Membuat Web Proxy, Proxy adalah suatu aplikasi yang menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server yang ada di Internet. 

    Mikrotik memiliki fitur Web proxy yang bisa digunakan sebagai proxy server yang nantinya akan menjadi perantara antara browser user dengan web server di Internet.

- Keuntungan menggunakan Web Proxy = 

    Fungsi dari proxy secara umum adalah sebagai Caching, Filtering, dan Connection Sharing. Semua fungsi ini dapat anda temui pada Web Proxy Mikrotik.

1. Caching Web 
    Proxy Mikrotik dapat melakukan caching content yaitu menyimpan beberapa konten web yang disimpan di memori Mikrotik. Konten tersebut akan digunakan kembali apabila ada permintaan pada konten itu lagi. 

2. Filtering 
    Dengan menggunakan Web Proxy anda dapat membatasi akses konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Anda dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat anda lakukan jika hanya menggunakan NAT. 

3. Connection Sharing 
    Web Proxy meningkatkan level keamanan dari jaringan anda, karena computer user tidak berhubungan langsung dengan web server yang ada di Internet.


1. Pertama - tama kita buat Web Proxy terlebih dahulu.

    -Klik IP > Web Proxy 
    
    - Checklist Enable , Isi Cache Administrator = Saya (Bebas) , dan Checklist Cache On Disk 
    
    - Lalu Apply dan OK

    
    Jika sudah maka Kita perlu men-Setting Proxy di Browser yang ada PC.

    - Isi Address = 192.168.2.1(IP Router)
    
    - Dan Isi Port=8080


Jika sudah melewati step ini maka Web Proxy telah selesai.

    Untuk pengetesan Coba kita Masukan 192.168.10.2 (IP Asal) di URL. Maka Hasil nya adalah Halaman yang di blokir Oleh Web Proxy






Comments

Popular posts from this blog

Basic Pengertian EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol)

blokir situs dengan Transparent DNS

SVI (Switch Virtual Interface) Cisco