Blokir Applikasi NetCut Dengan Router Mikrotik

 

    Assalamualaikum, kembali lagi di blog saya dan di blog kali ini saya akan membahas tentang NetCut, dan bagaimana cara memblokir nya menggunakan RouterBoard Mikroik. 

    Pertama-tama saya akan membahas tentang NetCut terlebih dahulu.

    Apa Itu NetCut ? NetCut adalah aplikasi yang dapat memutuskan jaringan orang lain yang terhubung dengan internet yang sama dengan kita. Singkatnya kita bisa memtotong akses internet seseorang yang terhubung dengan Wifi sama seperti yang sedang kita gunakan.

    Biasanya digunakan untuk iseng maupun untuk kepentingan pribadi seperti ingin mendapatkan bandwidth yang lebih besar, karena lebih sedikit orang yang memakai internet semakin besar juga bandwith yang kita dapatkan.

    Apakah Aplikasi Ini Merugikan?? Tentu saja jika orang yang menggunkan NetCut tersebut terkoneksi ke Wifi publik. Namun positif nya kita bisa men - disconnect kan orang asing yang terkoneksi ke Wifi pribadi kita.

    Jika kita pemilik warung internet atau warnet tentu saja kita tidak menginginkan client kita di putus internet nya karena ada orang egois yang mengingin kan internet cepat.

    Bagaimana Cara Menghindari nya? kita bisa menggunakan beberapa konfigurasi yang bisa ditambahkan kedalam Router Mikrotik. Tinggal ikuti saja beberapa step dibawah ini....


1. Step Pertama. Pertama - tama buka dahulu aplikasi Winbox....

    - Lalu Tambahkan IP pada IP > Addresses (+) > 
    
    Addresses : 192.168.2.1/24 > Interface : Wlan1 


2. Step Kedua. Buat DHCP Server dahulu untuk Wlan1.

    - Click tab IP > DHCP Server > DHCP Setup

    - Isi DHCP Server : Wlan1 > Next sampai selesai





Kalau sudah jadi maka akan seperti di atas...


3. Step Ketiga. Step selanjut nya adalah kita akan meng-Aktive kan Fitur ARP Pada DHCP Tersebut dan Pada Interface Wlan 1.

    - Double Click pada DHCP server yang barusan kita buat maka akan muncul tab baru dan checklist Always Broadcast, dan Apply.


4. Step Keempat. Next adalah mensetting mode ARP = Reply-Only di Interface Wlan1 

    - Buka Tab Interface > Double Click pada Wlan1

    - Pada ARP setting menjadi Reply-Only, Lalu apply dan Ok


    Jika sudah Maka Kita akan meng - Edit lagi Network pada DHCP tersebut dengan membuka IP > DHCP Server > Networks Double Click pada Address yang tadi kita buat dan tambahkan NetMask = 32 Apply dan Ok.

    


Jika sudah Melewati Step ini maka jaringan kita akan aman dari serang NetCut, Jika ingin lebih aman lagi Drop Packet Ping yang masuk ke dalam router, karna NetCut menggunakan Protocol ICMP.. 

Selesai..


Comments

Popular posts from this blog

Basic Pengertian EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol)

blokir situs dengan Transparent DNS

SVI (Switch Virtual Interface) Cisco